Advertisement

Responsive Advertisement

Fadilah Bulan Ramadan II

1. Tidurnya Orang Berpuasa Di Hitung Ibadah
       Dalam hadits disebutkan: ”Tidurnya orang yang berpuasa itu ibadah, diamnya adalah tasbih, amalnya dilipatgandakan, doanya dikabulkan dan doanya diampuni” (Jami’ Al Saghir, karya Imam As Suyuti, juz II/678).
Tapi tidur yang di maksud bukanlah sekedar tidur karena malas braktivitas dengan alasan sedang berpuasa, melainkan tidur dengan tujuan untuk menghindari perbuatan maksiat yang dapat merusak pahala puasa.
Semisal pada saat waktu sudah bnar-benar longgar, kemudian dia gunakan untuk tidur dari pada melakukan hal-hal yang tidak bermanfaat.

2. Diamnya Orang Berpuasa Di Anggap Tasbih
       Diam yang dimaksud adalah diam dari prkataan yang tidak berguna ( perkataan buruk ato menggunjing keburukan orang lain ). Diam seperti ini bisa dianggap tasbih, karena dia bisa menjaga mulutnya dari perkataan yang tidak berguna.


3. Amalan Sunah Berpahala Seperti Amalan Wajib
     Setiap amal sunah ( sedekah, shalat sunah dll ) di bulan ramadan akan di beri pahala seperti amalan wajib di luar bulan ramadan, dan setiap amalan wajib selama bulan ramadan akan dilipat gandakan pahalanya.

4. Orang Berpuasa Akan Di Rindukan Surga
       Dalam hadits di sebutkan:

أَلْجَنَّةُمُسْتَقَةٌأِلى أَرْبَعَةِ نَفَرٍٍ : تَالاِلْقُرْأَنِ وَحَافِضِ الِّسَانِ وَأِطَعَامِ الجَّاأِعِ وَصِاأِمِ الرَّمَضَانِ

Artinya : 
Surga merindukan pada empat ( 4 ) golongan, yaitu : 1. oarang yang membaca qur'an, 
2. Orang yang memelihara lisan dari ucapan yang keji dan mungkar;
3. Orang yang memberi makan yang sedang kelaparan'
4. Orang-orang yang berpuasa di bulan ramadhan.
Dari hadits di atas jelas bahwa orang yang berpuasa di bulan ramadan adalah termasuk orang yang di rindukan surga.

Posting Komentar

0 Komentar